[HOAX] Pemerintah Membagikan Kuota 10 GB Gratis sebagai Insentif untuk Melawan COVID-19

Sebuah pesan berantai yang menyebutkan pemerintah akan memberikan kuota Internet secara gratis sebesar 10 GB (Gigabyte) sebagai insentif saat pandemi COVID-19 beredar di beberapa media jejaring sosial.

Berikut narasi yang disampaikan pesan berantai tersebut:
“Kuota 10GB Gratis untuk melawan virus covid-19
Meskipun kita diwajibkan untuk tetap dirumah tapi sangat penting untuk kita tetap berhubungan dengan kerabat maupun keluarga kita
Maka dari itu pemerintah bekerja sama dengan seluruh provider diindonesia membagikan kuota sebesar 10GB agar kita semua tetap berkomunikasi.
Sebagai insentif dari pemerintah
Baca selengkapnya Di
https://www[dot]dirumahaja[dot]tech”

Banner 728x90

Menanggapi beredarnya kabar ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan bahwa pesan tersebut adalah hoaks. Kominfo juga telah memasukkan pesan tersebut ke dalam Laporan Isu Hoaks tertanggal Senin, 4 Mei 2020. Menurut pihak Kementerian Kominfo, informasi dalam pesan tersebut adalah tidak benar dan bukan berasal dari sumber yang kredibel.

Pesan serupa tentang hoax kuota Internet gratis dari pemerintah sebelumnya juga pernah muncul pada April 2020, tapi dengan tautan link yang berbeda.

Pemerintah memang memiliki kerja sama dengan operator telekomunikasi berupa layanan Internet gratis. Tapi, layanan itu hanya dapat diakses melalui platform bidang pendidikan, termasuk sejumlah kampus di Tanah Air.

“Diimbau kepada masyarakat agar lebih hati-hati dalam menerima pesan berantai seperti ini, karena cara tersebut bisa jadi merupakan tindak kejahatan berbasis internet,” tulis pihak Kementerian Kominfo dalam salah satu laporan isu hoaks terbaru.

Sumber:

  • https://www.kominfo.go.id/content/detail/26287/hoaks-kuota-gratis-dari-pemerintah-sebagai-insentif-saat-pandemi-covid-19/0/laporan_isu_hoaks
  • https://tekno.kompas.com/read/2020/05/05/12010017/pemerintah-bagi-bagi-kuota-data-gratis-10-gb-hoaks-atau-fakta
  • https://www.antaranews.com/berita/1465941/pemerintah-berikan-kuota-10-gb-sebagai-insentif-pandemi-covid-19-ini-penjelasannya
  • https://turnbackhoax.id/2020/05/05/salah-pemerintah-membagikan-kuota-10gb-gratis-sebagai-insentif-untuk-melawan-covid-19/
Banner 728x90